Cegah Osteoporosis Sejak Dini, Berikut Tips Sehat dari Dokter Spesialis Ortopedi RSUD Bojonegoro

Editor
59 Views
2 Min Read

Bojonegoro, sigap88news.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bojonegoro bersama RSUD Sosodoro Djatikoesoemo melakukan sosialisasikan terkait pentingnya mencegah dan mengatasi osteoporosis. Sosialisasi ini dilakukan melalui program SAPA! Malowopati 95.8 FM, Rabu (23/10/2024).

Program SAPA! Malowopati dipandu penyiar Lia Yunita dengan menghadirkan narasumber dr. Imam Bakhrudin Sp.OT, dokter spesialis ortopedi RSUD Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro.

Menurut dr. Imam, osteoporosis merupakan kondisi ketika tulang menjadi lemah dan rapuh. Konsumsi kalsium, vitamin D, dan rutin olahraga perlu untuk mencegah osteoporosis. Imam menjelaskan, olahraga berperan agar pembentukan tulang lebih cepat.

Osteoporosis terjadi apabila penyerapan lebih banyak daripada produksi tulang. Prevalensinya dari 3 orang perempuan, 1 orang terjadi osteoporosis. Salah satu gejalanya adalah nyeri tulang. Sementara rerata pasien sudah lanjut usia.

Jika terjadi cedera, dr. Imam menegaskan agar mengompres dengan air es, dibalut dan diangkat agar tidak bengkak. Pertolongan pertama dengan air hangat tidak dianjurkan.

“Tanggal 20 Oktober bertepatan dengan Hari Osteoporosis dengan tema Katakan Tidak pada Tulang Rapuh,” ujarnya, Rabu (23/10/2024).

Untuk pencegahan awal osteoporosis, harus aktif bergerak dan olahraga, tidak merokok, dan disiplin menjalani hidup sehat, serta pola pikir yang sehat. Kesadaran diri untuk percegahan osteoporosis secara dini sangat dibutuhkan. Utamanya di atas usia 40 tahun dan manopause berpotensi osteoporosis.

Selain itu, mengonsumsi susu, ikan, sayur hijau secara cukup, serta rutin berjemur juga berpengaruh untuk mencegah osteoporosis.

“Tapi kembali lagi, mencegah lebih baik daripada mengobati. Olahraga sangat disarankan karena dengan olahraga dapat merangsang pembentukan tulang,” katanya.

Pihaknya berharap tidak meremehkan osteoporosis dan menjaga diri untuk tetap sehat.(Trus)

TAGGED:
Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *