Zainun Wahida, S.Km,.M.Kes: di Madura, Sampang Yang Pertama Ambil Program UHC

Editor
669 Views
3 Min Read

Sampang, sigap88news.com – UHC atau Universal Health Coverage adalah sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau. sehingga efektif, disamping menjamin pula bahwa layanan tersebut tidak menimbulkan kesulitan finansial penggunanya.

Salah satu pegiat kesehatan Zainun Wahida Fithriani, S.KM, M.Kes mengatakan, UHC Merupakan cakupan kepesertaan Program JKN yang dikelola oleh BPJS kesehatan untuk memastikan minimal 95% dari total jumlah penduduk telah mendapatkan akses finansial terhadap pelayanan kesehatan dengan mendaftarkan dirinya atau didaftarkan menjadi peserta JKN

Menurutnya, kabupaten Sampang merupakan kabupaten pertama di Madura yang mengambil program UHC dan nilai sangat membantu sehingga mendapat apresiasi dari masyarakat Sampang.

Salah satu poin yang membuat Kabupaten Sampang masuk dalam kategori penerima UHC Award karena kerja sama Pemerintah Daerah dengan BPJS Kesehatan untuk mengintegrasikan Jamkesda dalam program JKN sehingga masyarakat merasa puas terhadap kepemimpinan H. Slamet Junaidi kala itu.

“Jadi kami menilai masyarakat sangat puas dan mendapat apresiasi dari rakyat Sampang terhadap program UHC ini, bahkan pada tahun lalu Pemkab Sampang mendapat UHC Award dari pusat,”ujar Zainun Wahida Fithriani, S.KM, M.Kes.

Program Universal Health Coverage (UHC) menurutnya merupakan wujud nyata komitmen Pemerintah Daerah dalam mendukung program jaminan kesehatan nasional dan memastikan tersedianya jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakatnya.

Berkat adanya program UHC, masyarakat Sampang saat ini tidak perlu khawatir lagi akan biaya yang besar saat jatuh sakit khususnya masyarakat yang tidak mampu yang belum memiliki jaminan kesehatan.

Adanya program UHC di Kabupaten Sampang menurutnya sangat berdampak positif, bahkan jumlah masyarakat yang datang ke pelayanan kesehatan meningkat pesat.

Keunggulan UHC milik kabupaten Sampang bisa di klaim di seluruh Indonesia, masyarakat Sampang bebas berobat secara gratis di seluruh Indonesia dengan syarat memiliki KTP Sampang. Hal tersebut pernah diutarakan Bupati periode 2019-2024 H. Slamet Junaidi.

Dibandingkan Kabupaten lain, yang juga menggunakan UHC tetapi hanya bisa di klaim satu provinsi saja, sedangkan di sampang bisa seluruh Indonesia.

Zainun menyebut, sejak adanya UHC tanaga medis sangat terbantukan dan pendapatannya meningkat, karena Komitmen Pemerintah di era kepemimpinan H. Slamet Junaidi mampu memenuhi Syarat – syarat UHC.

Selain itu, para penerima manfaat yaitu Masyarakat tidak ribet dalam pengurusan Klaim UHC cukup dengan menunjukkan KTP Asal Sampang. (Ari)

Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *