Pj. Bupati Bojonegoro Harapkan BBGRM Mewujudkan Jatim Bangkit Terus Melaju

Editor
19 Views
4 Min Read

Bojonegoro, sigap88news.com – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kab. Bojonegoro, menggelar Puncak Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XXI dan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-52 tahun 2024, di Lapangan Desa Sidorejo, Kec. Sukosewu, Jum’at pagi (20/09).

Acara yang bertemakan “Melalui Momentum Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Kita Kembangkan Daya Inisiatif, Kolaboratif Dan Inovatif Untuk Mewujudkan Jatim Bangkit Terus Melaju”, diharapkan dapat menjaga dan melestarikan budaya Gotong Royong ditengah masyarakat, dan menumbukan inovasi yang terus menyesuaikan perkembangan zaman.

Hadir dalam acara tersebut Pj. Bupati Bojonegoro didampingi Pj. Ketua TP PKK Kab. Bojonegoro dari jajaran Forkopimda Kab. Bojonegoro, Plh. Sekda Kab, Bojonegoro beserta jajaran, Kepala OPD, Camat bersama Ketua TP PKK Kecamatan se-Kab. Bojonegoro, dan Kepala Desa dan Ketua TP PKK Desa se-Kec. Sukosewu.

Gotong Royong masih menjadi budaya di Kab. Bojonegoro, beberapa desa juga membuat inovasi untuk menjaga budaya gotong royong dijalankan lintas generasi. Salah satu desa di Kab, Bojonegoro tahun ini memperoleh apresiasi dan penghargaan dari Provinsi atas upayanya dalam menjaga budaya gotong royong melalui inovasi yang disebut “Lumbung Kemakmuran, Rukun Kematian,” yaitu Desa Pajeng di kec. Gondang.

Kepala Dinas PMD menjelaskan bahwa Desa Pajeng juga memiliki potensi geografis, selain berbatasan dengan Kecamatan Sumberrejo, Desa Sidodadi memiliki buntuk yang simetris dibanding desa-desa lain di Kab. Bojonegoro. “Tata letak perumahan warga berada pada lokasi yang saling berdekatan dan area yang sama, areal persawahan juga pada letak yang berbeda dibanding area perumahan dan lain. Potensi ini, dapat dimanfaatkan dengan menciptakan inovasi menghidupkan dan menjaga budaya gotong royong ditengah-tengah masyarakat.” Ungkap Mahmudi.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Ketua TP PKK turut mengapresiasi pelaksanaan dan puncak peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat tahun 2024, semoga upaya bersama kita menciptakan keindahan dan kemakmuran bagi masyarakat. Dan dalam memperingati Hari Kesatuan Gerak TP PKK Ke-52, Dian Adiyanti Adriyanto mengajak seluruh kader untuk menghidupkan dan menambah semangat serta energi baru melalui kegiatan yang dilaksanakan pagi ini.

Pj. Ketua TP PKK Kab. Bojonegoro menekankan bahwa sebagai kader PKK, memiliki peran penting mensukseskan program pemerintah. Meliputi, bidang penghayatan dan pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Sandang, Pangan, Perumahan, Pendidikan, Kesehatan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup, dan Perencanaan Sehat. Besar harapanTim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro, dapat mewujudkan keberhasilan Visi Gerakan PKK tahun 2021-2024.

“Tahun 2024 menjadi tahun terakhir pelaksanaan rencana induk gerakan PKK tahun 2021-2024. Semoga kita semua dapat mewujudkan Visi Gerakan PKK tahun 2021-2024 yaitu Terwujudnya Keluarg Sehat, Cerdas, Berdaya, Beriman, dan Bertaqwa Menuju Indonesia Maju 2024.” Terang Dian Adiyanti Adriyanto

Pj. Bupati Bojonegoro dalam sambutannya sangat mengapresiasi adat dan budaya Gotong Royong masyarakat, khususnya di Kab. Bojonegoro. Adriyanto juga meyakini bahwa budaya gotong royong masyarakat Bojonegoro masih sangat kuat. Dia juga mengajak masyarakat untuk terus menghidupkan semangat gotong royong.

“Untuk menjaga budaya gotong royong dapat kita kembangan ke berbagai sektor, salah satunya adalah dibidang sosial dengan memberikan perhatian khusus untuk lansia atau anak yatim disekitar kita. Saya memiliki gambaran bahwa masyarakat saling peduli dengan memberikan bantuan berupa makanan kepada yang membutuhkan, namun dikerjakan secara gotong royong secara sukarela. Dengan seperti itu besar harapan akan meningkatkan rasa kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan dan sesama.” Jelas Adriyanto.(Tris)

TAGGED: ,
Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *