Patut Dicurigai, Rehabilitasi SMPN 4 Malingping Tidak Terpampang Papan Informasi

Editor
72 Views
2 Min Read

Banten, Sigap88news.com – Rehabilitasi SMPN 4 Malingping yang berlokasi di Desa Sangiang, Kecamatan Malingping, dipertanyakan, lantaran tidak terpampang papan informasi proyek untuk diketahui publik.

Jaenudin, warga Sangiang mengaku tidak tahu menahu mengenai rehabilitasi SMPN 4 Malingping yang sudah beberapa hari dikerjakan sehingga mempertanyakan transparansi informasi. Ia mengaku telah melakukan investigasi ke lokasi.

“Ga tahu, ga ada papan informasinya di lokasi. Jadi kita tidak tahu proyek darimana, anggarannya berapa, dari kabupaten, provinsi atau pusat,” ujarnya selaku warga sekaligus ketua ranting ormas Pemuda Pancasila Desa Sangiang, Kamis (05/09/2024).

Kata Jaenudin, dalam pelaksanaan pekerjaan proyek negara baik APBN maupun APBD, papan informasi proyek diharuskan ada pada lokasi pekerjaan, karena merupakan kewajiban sesuai dengan Pepres Nomor 70 Tahun 2012 dan UU nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Sehingga masyarakat akan mudah melakukan pengawasan terhadap proyek yang sedang dikerjakan.

“Setiap pekerjaan proyek yang tidak menggunakan plang papan nama proyek patut dicurigai dan diduga bermasalah, dan dengan tidak adanya plang nama proyek membuat masyarakat sulit untuk mengawasi pekerjaan tersebut yang tujuannya sebagai bentuk peran serta masyarakat dalam pengawasan uang negara agar tidak salah dipergunakan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 4 Malingping saat didatangi sedang tidak ada dikantor.

Terpisah, seorang pekerja ketika dipertanyakan pelaksana proyek mengatakan tidak tahu banyak.

“Pemborongnya siapa ya saya juga lupa namanya, Dedeng apa siapa gitu,” singkat pekerja, tanpa mau menyebutkan namanya. (AR_red)

TAGGED: ,
Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *