Hadirkan The Virgin Pada Sosialisasi Pilkada Serentak 2024, Peran KPU Lebak Dipertanyakan

Editor
165 Views
4 Min Read

Banten, Sigap88news.com – Beredar di beberapa Group WhatsApp mengenai kegiatan Saresehan Kemerdekaan Sosialisasi Pilkada Serentak 2024 yang akan diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak di Alun-alun Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten, pada Sabtu (24/08/2024) yang akan datang.

Terhadap rencana kegiatan tersebut sontak menuai sorotan dari Dewan Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPK KNPI) Kecamatan Malingping, lantaran rencana tersebut
akan dimeriahkan oleh artis Ibu Kota dan penampilan pertunjukan seni lainnya.

Ketua KNPI Malingping, M Febi Pirmansyah mempertanyakan urgensi kehadiran the Virgin, artis ibu kota, dalam sosialisasi Pilkada serentak 2024 apakah memang kegiatan Sosialisasi Pilkada itu harus dibarengi dengan kegiatan Event musik yang mesti mendatangkan artis dari ibu kota ? Lantaran The Virgin berkutat di dunia Intertain hiburan yang berpersonal artis, sedangkan KPU merupakan penyelenggara Pemilu. Lantas bagaimana profesionalitas KPU menjalankan tugas yang sebenarnya tanpa menghamburkan anggaran dengan hasil kerja yang maksimal ? Ataukah KPU berubah peran lebih mengedepankan konser musik daripada mencerdaskan masyarakat calon pemilih pada Pilkada Lebak?

Akhirnya Febi pun mempertanyakan kepada siapa KPU Lebak menempuh izin penggunaan Alun-alun yang lokasinya rapat dengan Mesjid Agung Baiturrochim Malingping.

Sebab menurut Febi sejak direnovasinya Alun-alun Kecamatan Malingping belum pernah ada yang diizinkan untuk menggelar event musik jingkrak.

“Ya kami tepatnya bukan menolak, namun mempertanyakan apakah memang Sosialisasi Pilkada itu harus dilakukan dengan cara mengadakan event musik yang sampai mendatangkan artis dari ibu kota ? Kami pun ingin menanyakan kepada siapa pihak KPU melakukan komunikasi izin penggunaan tempat di Alun-alun Malingping ? Sebab setahu kami pasca direnovasi belum pernah ada pemuda lokal yang bisa melakukan event musik sampai mendatangkan artis ibu kota yang berpotensi banyaknya pengunjung yang hendak jingkrak,” ungkap Febi, Ahad (18/08/2024).

Febi menyayangkan jika kegiatan tersebut dilaksanakan. Ia mengatakan tidak ada satupun player yang menyematkan pemusik asal Malingping yang dilibatkan. Febi juga mengaku saat pihaknya melakukan konfirmasi belum ada tembusan pada para pemusik di Malingping.

“Kami tentu sebagai pemuda lokal sangat menyayangkan jika memang kegiatan itu sampai terjadi, sebab kami lihat tidak ada satupun player yang menyematkan nama band atau pemusik asal Malingping. Saat teman-teman dikonfirmasi juga mereka menjawab belum ada kabar tembusan mengenai kegiatan tesebut,” ucap Febi.

Febi menegaskan, sebaiknya anggaran yang ada di KPU digunakan kegiatan yang lebih mengena dan bermanfaat dibanding dengan bayar artis ibu kota.

“Kami rasa baiknya KPU memanfaatkan dengan benar anggaran dari negara yang ada di KPU, bukan memanfaatkan suasana kemerdekaan. Gunakan pada hal yang memang benar bermanfaat, bukan malah terkesan asal ada kegiatan dengan memanfaatkan kesempatan. Jika memang harus ada event sebaiknya libatkan potensi yang ada,” tandasnya.

Terkait keterlibatan artis dan musisi pada sosialisasi KPU, salah seorang warga yang tidak mau disebutkan namanya menilai hal tersebut wajar-wajar saja dilakukan untuk menarik kehadiran masyarakat.

“Biasanya jika ada hiburan apalagi ada artis terkenal, masyarakat berduyun-duyun menghadiri acara, dan itu akan mempermudah sosialisasi,” ujarnya.

Camat Malingping Dadan R Wardana ketika dihubungi wartawan mengaku bahwa dirinya didatangi EO utusan dari KPU dan memberikan rekomendasi atas dasar surat KPU yang dikirim Sekda, disposisi untuk difasilitasi.

“Saya hanya merekomendasikan surat dari KPU yang dikirim oleh Pak Sekda, disposisi untuk difasilitasi. Sebagai bawahan, ya saya terima surat itu. Kemudian kalau tidak salah tanggal 12 Agustus, EO utusan dari KPU datang untuk mengurus surat izin. Sementara dari KPU sendiri belum datang menghadap. Rencananya hari ini saya akan menghadap Pak Sekda untuk membicarakan hal ini, namun ada kegiatan yang tidak bisa ditunda,” terangnya, Senin (19/08/2024).
(AR_red)

TAGGED: , ,
Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *