Ribuan Warga Istighosah Kubro Do’akan Para Pahlawan dan DOB Kabupaten Cilangkahan

Editor
283 Views
4 Min Read

Banten, Sigap88news.com – Ribuan warga berkumpul memadati Alun-alun Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Rabu malam (14/08/2024) sekira pukul 20.00 WIB.

Berkumpulnya ribuan warga tersebut dalam rangka istighosah kubro mendo’akan para syuhada pahlawan pejuang kesuma bangsa yang telah gugur merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain itu jemaah ribuan warga ini juga berdo’a agar harapan mereka untuk menjadikan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Cilangkahan segera terwujud dan mandiri terpisah dari kabupaten induknya, yaitu Lebak.

Nampak hadir dalam acara Itighosah kubro tersebut para Pengurus Majlis Ulama Indonesia (MUI) dari 10 Kecamatan di wilayah calon Kabupaten Cilangkahan, Pengurus Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP), Camat Malingping, Kapolsek Malingping, Danramil 0313/Malingping, para kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama (kyai) beserta para santri dari beberapa Ponpes di
wilayah selatan Lebak.

Turut hadir Sekretaris Umum (Sekum) Badan Koordinasi (Bakor) Pembentukan Kabupaten Cilangkahan (PKC) H. Ahamad Taufik bersama jajarannya.

Istighosah kubro ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. Adapun tema dalam acara tersebut yakni “Tasyakuran Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 79 tahun 2024 Kecamatan Malingping, Do’a bersama Untuk para pahlawan dan bangsa, Semangat Juang Pahlawan teladan Perjuangan DOB Cilangkahan”.

Ketua panitia pelaksana istighosah kubro, Hambali menyampaikan terima kasih kepada para jemaah yang sudah hadir memadati alun-alun Malingping untuk menggelar do’a bersama. Ia berharap DOB Kabupaten Cilangkahan secepatnya terwujud.

“Mudahan-mudahan do’a kita pada istighosah malam ini terkabul dan secepatnya DOB Cilangkahan bisa terwujud,” ucap Hambali.

Camat Malingping, Dadan R Wardana dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih khususnya kepada warga Kecamatan Malingping yang selalu kompak dan semangat dalam menyambut dan memeriahkan kegiatan HUT kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahunnya.

“Malam ini Istighosah Kubro juga merupakan rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan RI Ke 79 tahun 2024. Kehadiran para jemaah pada malam ini merupakan bukti bahwa masyarakat Malingping khususnya sangat intens pada kegiatan-kegiatan yang ada di wilayah Kecamatan Malingping, terutama dalam kegiatan keagamaan, baik itu pengajian tingkat rukun tetangga (RT), pengajian tingkat desa dan pengajian tingkat kecamatan, gaungnya sudah sampai ke tingkat kabupaten,” ungkapnya.

Di sisi lain camat juga menyinggung pentingnya kekompakan warga meraih keinginan bersama.

“Kekompakan warga menjadi pemicu semangat kita untuk membuktikan agar DOB Cilangkahan segera terwujud, kita berdo’a pada malam ini, untuk mendo’akan para pejuang yang sudah memerdekakan negara kita Indonesia, juga kita berdoa agar DOB Cilangkahan segera terwujud,” katanya.

Kata Dadan, suksesnya kegiatan Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) di Kecamatan Malingping yang selalu meriah, tak lepas dari kerja sama dan kekompakan warga masyarakat Malingping.

Sementara, H Ahmad Taufik, Sekum Bakor PKC Cilangkahan dalam sambutannya memaparkan perjuangan dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat.

“Perjuangan Bakor sudah 20 tahun lebih, namun sampai hari ini belum juga terwujud, maka atas kordinasi perwakilan warga dari 10 kecamatan yang ada di wilayah Lebak Selatan memutuskan untuk berangkat melakukan aksi demo ke Jakarta pada tanggal 31 Juli 2024, kemarin. Upaya demo dan lobi-lobi sudah kita lakukan. Maka malam ini kita bantu dengan istighosah dan do’a bersama memohon kepada Sang Pencipta agar harapan kita semua menjadikan Cilangkahan sebagai kabupaten segera terwujud,” tuturnya.

Selaku pengurus Bakor, Ahmad Taufik mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas perjuangan yang telah dilakukan. Kata dia, kedepan Bakor akan melakukan audensi dan lobi-lobi kepada para pimpinan pengurus partai.

“In sya Allah, kedepan kita akan melakukan audensi lagi dengan para pimpinan partai politik. Semoga harapan kita semua yang ingin menjadikan Cilangkahan sebagai kabupaten bisa secepatnya terwujud,” harapnya.

Istighosah Kubro yang dipimpin langsung oleh KH Ali Su’udi HS, salah satu pengurus pondok pesantren yang ada di wilayah Kecamatan Malingping ini berjalan lancar dan sukses. (AR)

TAGGED: ,
Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *