Susah Dapatkan Pupuk Bersubsidi, Masyarakat Desa Cibarengkok Minta Diadakan Kios

Editor
154 Views
2 Min Read

Banten, Sigap88news.com – Sektor pertanian memegang peranan yang sangat penting dalam perekonomian daerah. Oleh karena itu, pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung dan meningkatkan produktivitas pertanian melalui berbagai program, salah satunya adalah penyaluran pupuk bersubsidi.

Namun, dalam implementasinya, kita sering menghadapi berbagai tantangan, baik dari segi distribusi maupun pemanfaatannya dan jarak. Oleh karena itu, pembinaan dan pengarahan sangat penting untuk memastikan bahwa penyaluran pupuk bersubsidi berjalan dengan baik, tepat sasaran, dan efisien.

Keluhan para petani terkait pupuk bersubsidi sering kita temukan di tengah masyarakat.

Seperti halnya dikeluhkan Kelompok Tani Desa Cibarengkok, Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak, Banten. Mereka mengeluhkan susahnya untuk mendapatkan pupuk bersubsidi dan jarak tempuh terlalu jauh, hingga harus makan biaya tambahan.

“Kami masyarakat desa cibarengkok, meminta kepada pemerintah agar di desanya diadakan kios pupuk subsidi, agar kami saat membutuhkan pupuk bersubsidi tidak terlalu jauh dan memakan waktu dan memakan biaya tambahan lagi. Maka kami meminta pada pemerintah agar segera diadakan ‘kios pupuk’ di desa kami,” ungkap Nawi, salah seorang anggota kelompok tani di Desa Cibarengkok, kepada wartawan, Ahad (04/08/2024).

Kami juga sudah membuat surat permohonan Yang di tujukan kepada Dinas Pertanian Kabupaten Lebak, Dinas Pertanian Provinsi Banten, Distributor AMJ Lebak Selatan, melalui UPT Pertanian Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak, untuk memfasilitasi berdirinya kios pupuk bersubsidi di Desa Cibarengkok” ucapnya.

Sementara, Kepala Desa Cibarengkok, Ika membenarkan keinginan baik warganya

“Terkait kios pupuk memang sudah ada beberapa anggota kelompok tani yang datang ke desa meminta diadakannya kios pupuk bersubsidi di Desa Cibarengkok. Karena, kios pupuk yang ada sangat jauh jaraknya dan harus memakai ongkos lagi. Jadi kalau ada kios di desa itu akan sangat membantu dan mempermudah masyarakat,” ujar Ika.

“Saya sebagai kepala desa sangat mendukung kepada para kelompok tani, untuk ada kios pupuk demi untuk memudahkan mendapatkan pupuk bersubsidi untuk para kelompok tani.
Semoga pemerintah Kabupaten Lebak melalui Dinas Pertanian agar segera merealisasikan kios pupuk di Desa Cibarengkok. Dan kepada Distributor saya harapkan segera dipecah dari kios yang ada untuk Desa Cibarengkok,” pungkasnya. (AR_red)

TAGGED: ,
Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *