Kolaborasi Pemdes Sukadaya dan Tambakbaya Bangun Jalan Poros Desa

Editor
112 Views
3 Min Read

Banten, Sigap88news.com – Penjabat (Pj) Bupati Lebak Iwan Kurniawan meninjau sekaligus melakukan peletakan batu pertama pembangunan jalan poros Desa Sukadaya, Kecamatan

Cikulur dan Desa Tambakbaya, Kecamatan Cibadak, Selasa (23/07/2024).

Dalam kunjungannya, Iwan Kurniawan mengapresiasi langkah Pemdes Sukadaya dan Pemdes Tambakbaya yang berkomitmen dalam pelayanan kepada masyarakat. Sehingga, dengan anggaran desa yang terbatas bisa melakukan pembangunan jalan yang dinilai menjadi prioritas.

“Iya, ini hasil komunikasi dan kolaborasi yang baik antara pemkab Lebak dengan pemdes Sukadaya dan Tambakbaya, sehingga, pembangunan jalan poros desa ini bisa terealisasi,” kata Iwan, kepada wartawan, usai acara.

Menurutnya, pembangunan jalan poros desa ini merupakan hasil komunikasi yang baik dan inten antara pemdes setempat dengan Pemkab Lebak, sehingga anggaran desa bisa digunakan dengan baik, menurut prioritas.

“Aspirasi masyarakat yang selama ini disuarakan, yang ingin jalannya dibangun dan layak, kini bisa menikmatinya,” ujarnya.

Kata Iwan, dengan kondisi wilayah yang luas dengan 243 desa, memiliki 1600 kilometer jalan poros desa, Pemkab Lebak tidak bisa melakukan intervensi seluruhnya. Karena, kata dia anggaran yang dimiliki pemkab Lebak terbatas dan minim. Namun begitu, Pemdes Sukadaya dan Tambakbaya, bisa melakukan pembangunan secara mandiri menggunakan dana desa.

“Ini harus menjadi contoh bagi desa yang lain, Karena dengan koordinasi dan komunikasi yang baik, semua bisa berjalan dengan tidak keluar dari aturan dan prosedur dalam penggunaan dana desa,” papar Iwan.

Iwan menerangkan, untuk pembangunan jalan poros desa, setiap tahun Pemkab Lebak selalu menganggarkan, namun karena anggaran yang terbatas tidak banyak yang diintervensi oleh pemkab. Sehingga, perlu adanya koordinasi dan komunikasi antara pemkab Lebak dan Pemdes.

“Saya mengapresiasi Desa Sukadaya dan Desa Tambakbaya yang sudah bisa merealisasikan aspirasi warganya,” tutur Iwan.

Kepala Desa Sukadaya, Suheri mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Lebak yang telah memberikan dorongan, sehingga pembangunan jalan poros desa yang awalnya rusak berat, saat ini sudah dibangun menggunakan anggaran dana desa tahun 2024.

“Awalnya saya ragu, karena dana desa yang minim dan harus bisa berbagi dengan program lainnya. Namun, setelah berdiskusi dengan pak Pj Bupati, akhirnya bisa terealisasi,” ungkap Suheri.

Hal yang sama dikatakan Kepala Desa Tambakbaya, Rizky, bahwa jalan poros desa Tambakbaya yang terhubung dengan Desa Sukadaya juga akan dibangun dengan panjang 285 meter mengunakan anggaran dana desa tahun 2024.

“Alhamdulillah, ini berkat arahan dan dorongan pak Pj Bupati, sehingga kami bisa merealisasikan pembangunan jalan desa yang sudah lama rusak,” ucapnya. (AR_red)

TAGGED: ,
Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *