Sosok Potensial Calon Pemenang Pilkada Lebak 2024

Editor
264 Views
5 Min Read

Penulis : Musa Weliansyah

Banten, Sigap88news.com – Pemenangan dalam kontestasi politik pada Pilkada Lebak mendatang tidak semata ditentukan oleh banyaknya partai politik pengusung, namun sangat tergantung pada sosok figur calon pemimpin yang akan menjadi pilihan rakyat.

Ada dua sosok figur yang potensial untuk lolos dalam pencalonan Bupati Lebak tahun 2024. Kedua politisi tersebut sangat pas jika berpasangan karena memiliki jejak yang sangat baik dan dua karakter kepemimpinan yang bisa saling mengisi di enam daerah pemilihan di Kabupaten Lebak. Bahkan jika kedua politisi tersebut serius jumlah partai pendukung bukan sebuah persoalan, yang penting memiliki perahu yang bisa memenuhi syarat, misalkan PKS dan PPP.

Dua partai ini sudah bisa mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati pada pilkada tahun 2024. Namun akan lebih pas lagi jika ada partai lain yang berkoalisi sehingga bisa menjadi koalisi besar untuk Pilkada Lebak seperti Gerindra-PKS-NasDem-PPP.

Dua sosok kepemimpinan yang diharapkan masyarakat Lebak saat ini adalah mereka yang bisa membawa perubahan besar kearah yang lebih baik, disayang masyarakat, bukan disegani karena kekuatan tertentu namun sosok yang luwes, lugas dan santun, tidak memiliki kepentingan menguasai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) menjadi ladang bisnis keluarga, kelompok atau golongan, tapi yang memiliki semangat tinggi, ikhlas dan tulus untuk membangun Kabupaten Lebak diberbagai sektor.

Bakal calon bupati dan wakil bupati yang kemungkinan memiliki potensi besar memenangkan Pilkada tentunya harus ada sosok generasi muda yang memiliki pengalaman seperti halnya Ketua DPRD Lebak saat ini, M. Agil Zulfikar.

Sosok M. Agil Zulfikar adalah salah satu politisi muda Partai Gerindra yang sangat potensial menjadi wakil bupati. Dilihat dari pengalaman kepemimpinan dan lingkungan keluarganya sangat medukung serta memiliki kekuatan besar yang bisa diterima oleh masyarakat Kabupaten Lebak terutama kaum milenial. Ia sosok yang bersahaja dan cerdas kendati masih berusia sangat muda (26).

M. Agil Zulfikar memiliki daya tarik yang sangat luar biasa berpasangan dengan siapapun, namun sangat tepat apabila disandingkan dengan tokoh atau politisi yang memiliki pengalaman kepemimpinan baik Bupati, Wakil Bupati, walikota atau Wakil Walikota.

Adapun sosok yang tepat dan memiliki daya magnet bagi masyarakat Kabupaten Lebak dalam pilkada 2024 adalah sosok politisi atau tokoh yang berpengalaman dan mengetahui kondisi wilayah, paling tidak pernah menduduki jabatan baik di eksekutif maupun di legislatif sera kader partai yang bisa mengusung dirinya.

Sosok Sanuji Pentamarta adalah politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sekaligus tokoh yang memiliki segudang pengalaman di legislatif. Dia pernah menjadi Anggota DPRD Lebak dua periode yaitu 1999-2004 dan 2004-2009 serta dua periode menjadi Anggota DPRD Provinsi Banten tahun 2009-2014 dan 2014-2019.

Sanuji Pentamarta yang saat ini menduduki jabatan sebagai Wakil Walikota Cilegon, merupakan sosok pemimpin yang jujur, cerdas dan sederhana. Kendati meniti karir 20 tahun di legislatif dan 5 tahun di eksekutif namun Sanuji hanya memiliki kekayaannya sebanyak 6,7 M, itupun termasuk tanah, bangunan dan transportasi.

Jika melihat rekam jejaknya, Sanuji adalah sosok pemimpin pemberani, sangat dekat dengan masyarakat kecil dan tidak sombong. Ini sosok politisi yang sangat tepat menjadi pemimpin di Kabupaten Lebak 2024-2029.

Jika disandingkan Sanuji Pentamarta – M. Agil Zulfikar akan menjadi sosok pemimpin yang bisa membawa perubahan besar kearah yang lebih baik sehingga Kabupaten Lebak bisa keluar dari kemiskinan ekstrem seperti saat ini.

Kedua politisi tersebut memiliki kekuatan atau daya tarik masyarakat yang berbeda dan saling melengkapi di 28 kecamatan, artinya bisa saling mengisi sehingga potensi memenangkan Pilkada Lebak sangat tinggi kendati melawan putra Jaya Baya (Mochamad Hasbi Jayabaya).

Sebagai informasi, Hasbi saat ini masih menjabat Anggota DPR-RI Fraksi PDI-P namun gagal masuk ke senayan pada pemilu 14 Februari 2024 lalu. Hasbi adalah Bakal Calon Bupati Lebak penerus ayahnya (Mulyadi Jayabaya) dan kakaknya (Hj Iti Octavia Jayabaya) yang telah berkuasa selama 20 tahun tanpa terputus.

Jika melihat kondisi pemilih masyarakat Kabupaten Lebak yang saat ini sangat membutuhkan perubahan,
Sanuji-Agil memiliki potensi perolehan suara diatas 60% (Enam puluh persen).

Alhasil, kedua sosok tersebut tidak memerlukan dukungan banyak parpol, terlebih harus memborong partai politik, yang terpenting memenuhi syarat dukungan untuk bisa maju menjadi calon Bupati dan calon Wakil Bupati. Karena, sosok yang ditunggu masyarakat Lebak saat ini bukan figur calon pemimpin yang bisa memborong parpol atau lebih banyak mendapatkan dukungan parpol. (AR)

Penulis adalah
Anggota F-PPP DPRD Lebak 2019-2024.

TAGGED: , ,
Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *