Panwascam Tambelangan Lantik 157 Pengawas TPS

Editor
395 Views
1 Min Read

Sampang, sigap88news.com – Sebanyak 157 petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-kecamatan Tambelang sudah resmi dilantik. Pengawas tersebut dilantik langsung oleh Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tambelangan, Syamsul Arifin, Senin (22/01/2024).

Syamsul mengatakan, pengawas tersebut tak hanya dilantik, kegiatan yang dilaksanakan di aula SMA Khairul Ulum itu juga diambil sumpah dan menandatangani pakta integritas serta diberikan pembekalan yang disaksikan langsung Camat, Kapolsek serta Danramil Tambelangan.

Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) merupakan ujung tombak dalam mengawal demokrasi dengan amanah besar untuk mewujudkan proses pemilihan yang jujur, adil dan berintegritas.

“Petugas pengawas TPS ini akan ditempatkan di masing-masing TPS di Kecamatan Tambelangan, yang berjumlah 157 TPS,” kata Syamsul.

Menurutnya, PTPS adalah petugas yang dibentuk oleh Panwaslu Kecamatan untuk membantu Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD).

Pengawas TPS akan bekerja selama satu bulan lebih, mulai dari pelantikan hingga satu Minggu setelah pencoblosan. Jadwal pemungutan suara atau hari pencoblosan Pemilu 2024 sendiri akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

“Nanti pengawas TPS ini bertugas mengawasi kegiatan kampanye pemilu hingga pemungutan dan penghitungan surat suara selesai,” ujarnya.

Tak hanya itu, Syamsul Arifin juga menyampaikan masa kampanye dan masa tenang penting diperhatikan dan diawasi guna mencegah terjadinya pelanggaran pemilu 2024. (Ari)

Share This Article