Rapat Paripurna DPRD OKU Tentang Jawaban Bupati OKU Atas Pandangan Fraksi – Fraksi

Hermanto
555 Views
4 Min Read

Baturaja Oku,Sigap88news.com || Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten OKU Kembali Menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Jawaban Bupati OKU atas pandangan umum Fraksi – fraksi DPRD Kabupaten OKU. Selasa (27/09/2022).

Rapat Paripurna Ke-XII DPRD OKU Masa Persidangan Ke-1 Tahun Sidang 2022 Tentang Jawaban Bupati Atas Pandangan Umum Fraksi DPRD OKU TA 2022 Bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD OKU, rapat Paripurna DPRD dibuka oleh Wakil Ketua II DPRD OKU Yoni Risdianto dan rapat ini bersifat terbuka untuk umum.

Rapat dihadiri oleh Ketua DPRD OKU, Pejabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah dan Anggota DPRD OKU lainnya, Turut hadir juga, Forkopimda OKU yang mengwakili, Sekda OKU, Para Asisten Setda OKU, Staf Ahli Bupati, Para Kepala OPD, Para Kabag, Para Camat, BUMN/BUMD serta Tamu Undangan Lainnya.

Menjawab pandangan umum fraksi – fraksi DPRD OKU, dikesempatan ini, Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah Menyampaikan,  pandangan umum anggota DPRD OKU yang telah disampaikan juru bicara masing-masing fraksi pada intinya memiliki semangat yang sama untuk memberikan dukungan sepenuhnya atas perbaikan dan penyempurnaan terhadap perubahan APBD Kabupaten OKU TA 2022.

Ada beberapa hal yang telah disampaikan meliputi upaya pembenahan kinerja dan penguatan langkah-langkah perbaikan tata kelola keuangan daerah, terutama di sisi penerimaan dan efisiensi penggunaan anggaran.

Adapun langkah-langkah yang akan ditekankan pada OPD yang bertanggung jawab terhadap peningkatan PAD dan sumber penerimaan lainnya meliputi memperkuat pengawasan internal, memperkuat pengawasan eksternal, memperkuat koordinasi dan komunikasi dengan objek pajak, memperkuat pendataan terhadap objek pajak dan memperkuat koordinasi dan konsolidasi atas kemungkinan penyaluran dana dari pemerintah pusat.”jelasnya.

” Kami segenap jajaran Pemkab OKU mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas komitmen DPRD OKU dalam membahas menyetujui dan memberikan koreksi atas nota keuangan yang kami sampaikan terkait dengan perubahan APBD TA 2022.””ucap Bupati OKU Teddy Meilwansyah.

Harapan DPRD OKU bahwa melalui saat ini kita harus semakin akurat dalam mengelola sektor-sektor pendapatan daerah terutama di bidang pariwisata, pertambangan, pajak daerah dan usaha milik daerah lainnya, tentunya akan memperhatikan dengan sebaik-baiknya dan akan segera kami kaji kemungkinan intersifikasi-ekstensifikasi pendapatan daerah sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.”ujar Bupati OKU.

Terusnya, Sehubungan dengan maraknya aksi kejahatan di wilayah OKU yang akhir-akhir ini sangat meresahkan, berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak Polres OKU bahwa pihak kepolisian telah melakukan langkah preventif berupa kegiatan patroli dan pengecekan pada jam-jam rawan kejahatan dan mengaktifkan kembali Kegiatan siskamling di likungan pemungkiman setempat.

Lanjut Bupati, Terkait dengan rasionalisasi belanja daerah sesungguhnya dalam substansi perubahan APBD T. A 2022 sudah diupayakan pelaksanaan program dan kegiatan yang merupakan langkah penyesuaian dengan kondisi kebutuhan dan kebijakan pemerintah pusat, akan tetapi dengan adanya keterbatasan kemampuan keuangan daerah dan masih banyak terdapat keadaan hutang kurang bayar pada berapa program pembangunan sehingga asumsi belanja yang dianjurkan masih mengalami kesenjangan dengan pendapatan daerah yang bisa dicapai.

“Kami sepakat dengan arahan anggota dewan yang terhormat, bahwa guna percepatan pembangunan daerah harus dilakukan efektivitas penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah daerah.”kata Teddy Meilwansyah.

Terhadap perlunya kebijakan anggaran yang lebih berpihak terhadap kualitas layanan publik, mutu sumber daya manusia, pemulihan ekonomi, pendidikan, kesehatan, pengentasan kemiskinan, infrastruktur dasar dan sarana pendidikan pelayanan publik. Hal ini menjadi catatan untuk semakin efisien, efektif memperkuat capaian sasaran atas pengunaan anggaran dalam bentuk program pembangunan dan kegiatan rutin yang memberikan manfaat luas bagi masyarakat.”tutup pejabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah. (ADV)

Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *